disduk 1

Cibinong, Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih tahapan Pilkada serentak Tahun 2018, KPU Kabupaten Bogor melakukan audiensi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor pada tanggal 24 Februari 2017. Audiensi diterima langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor Dr. R.H. Oetje Subagdja. S P beserta jajaran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor Dr. R.H. Oetje Subagdja. S P, menyambut baik pertemuan tersebut, dalam rangka menghimpun masukan mengenai data kependudukan yang diperlukan sekaligus mempersiapkan langkah-langkah untuk menyongsong Pilkada serentak Tahun 2018. Beberapa poin – poin penting yang dibahas dalam audiensi ini diantaranya :

 

  1. Rekapitulasi data agregat kependudukan semester II Tahun 2016 yang memuat jumlah KK, jumlah penduduk dan wajib KTP (pemilih pemula)
  2. Rekapitulasi data perekaman dan pencetakan KTP-Elektronik semester II Tahun 2016.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor Dr. R.H. Oetje Subagdja. S P. menyampaikan bahwa Disdukcapil Kabupaten Bogor sedang berupaya menuntaskan perekaman data KTP-Elektronik penduduk Kabupaten Bogor sampai dengan Tahun 2018 sesuai dengan amanat Bupati Bogor. Dalam rangka mempercepat proses perekaman KTP-Elektronik Disdukcapil Kabupaten Bogor melakukan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ke desa-desa/kelurahan, sekaligus melakukan perekaman KTP-Elektronik. Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan permintaan dari masing-masing Kepala Desa. Disdukcapil Kabupaten Bogor juga melaksanakan percepatan perekaman KTP-Elektronik melalui kesempatan program Bupati Bogor yang bersifat rutin seminggu sekali yaitu Boling (Rebo Keliling)

Saat ini jumlah data penduduk Kabupaten Bogor yang sudah melakukan perekaman KTP-Elektronik sebanyak 2.874.090 jiwa, sedangkan jumlah KTP-Elektronik yang sudah dicetak sejumlah 2.669.432 jiwa dan jumlah KTP-Elektronik yang siap dicetak yaitu 184.617 jiwa. Disamping itu Disdukcapil Kabupaten Bogor menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor terkait perekaman data KTP-Elektronik bagi siswa-siswi yang memasuki usia 17 tahun. Komisioner KPU Kabupaten Bogor menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Bogor agar proaktif melakukan perekaman KTP-Elektronik, pindah domisili, dan melaporkan keluarga yang telah meninggal dunia serta mengurus surat kematian kepada pemerintah setempat. Dari hasil audiensi yang dilaksanakan, pihak Disdukcapil Kabupaten Bogor siap untuk membantu KPU Kabupaten Bogor dalam upaya melaksanakan pemutakhiran data pemilih dalam Pilkada serentak Tahun 2018 khususnya dalam melaksanakan penerbitan Surat Keterangan. (Mega-Hupmas)